LAPORAN
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN ( PKL)
( ISI NAMA TEMPAT PRAKERIN
ANDA )
( isi tanggal mulai sampai tanggal selesai anda
prakerin )
DISUSUN
OLEH
NAMA
: NAMA
LENGKAP ANDA SENDIRI
KELAS
: KELAS ANDA SENDIRI
( NAMA SEKOLAH )
( ALAMAT ATAU NAMA JALAN SEKOLAH ANDA
)
( TAHUN AJARAN )
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
praktek kerja lapangan ( PKL) di “ ( TEMPAT PRAKERIN ANDA ) “ yang disusun oleh
( NAMA LENGKAP ANDA ) telah disetujui
dan disahkan pada tanggal
(
TANGGAL MULAI DAN AKHIR ANDA PRAKERIN )
Oleh
:
Direktur/pimpinan DU/DI Pembmbing Lapangan
NAMA PIMPINAN
DU/DI NAMA
PEMBIMBING PRAKERIN
Ketua Pokja PSG Pembimbing Sekolah
(
NAMA KETUA POKJA ) (
PEMBIMBING DARI SEKOLAH )
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ( NAMA SEKOLAH ANDA )
( NAMA KEPALA SEKOLAH
ANDA )
--- i ---
KATA PENGANTAR
Puji Syukur
penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-nya, sehingga saya bisa menyelesaikan dan bisa menulis laporan praktek
kerja lapangan ( PKL ) di ( NAMA
TEMPAT PRAKERIN ANDA ), ( TANGGAL MULAI DAN AKHIR ANDA PRAKERIN )
ini.
Saya menyadari
bahwa penulisan laporan praktek kerja lapangan ( PKL ) di ( NAMA TEMPAT
PRAKERIN ANDA ) ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dan dorongan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan
terima kasih kepada yang terhormat :
1.
Bapak ( KEPALA SEKOLAH ANDA ) Selaku kepala
sekolah ( NAMA SEKOLAH ).
2.
Wakil
kepala Sekolah ( NAMA SEKOLAH ).
3.
( NAMA KETUA PROGRAM JURUSAN ) Selaku ketua program keahlian multimedia (
NAMA SEKOLAH ).
4.
( NAMA PIMPINAN TEMPAT PRAKERIN ) Selaku pimpinan ( NAMA
TEMPAT PRAKERIN ANDA )
5.
( NAMA KETUA POKJA ) Selaku Guru pembimbing selama pelaksanaan
prektek kerja lapangan.
6.
( NAMA PEMBIMBING PRAKERIN ANDA ) Selaku pembimbing Praktek kerja
lapangan ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA )
7.
Seluruh
staff dan Crew/ karyawan ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ) Dewan guru atas bimbingannya selama saya
belajar di ( NAMA SEKOLAH )
8.
Seluruh
teman teman yang membantu hingga terselesainya laporan praktek kerja lapangan
ini.
Semoga segala
bantuan yang telah diberikan kepada saya mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Saya menyadari masih banyak
kekurangan dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini baik dalam
teknik penyajian materi
maupun pembahasan. Demi kesempurnaan laporan praktek kerja lapangan ini, saran dan kritik yang sifatnya
membangun sangat saya
harapkan. Semoga karya tulis ini bermanfaat dan dapat memberikan sumbangan yang
berarti bagi pihak yang membutuhkan.
--- ii ---
DAFTAR
ISI
.
.
.
( sesuai isi laporan praktek
kerja lapangan )
.
.
.
--- iii ---
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting
dalam membentuk ketrampilan dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja.
Pendidikan yang dilakukan di perguruan tinggi masih terbatas pada pemberian
teori dan praktek dalam skala kecil dengan intensitas yang terbatas.
agar
dapat memahami dan memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja,
maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung di
instansi/lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti, sehingga setelah
lepas dari ikatan akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan.
mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan
pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan masa pelatihan kerja
untuk melanjutkan kiprahnya di dunia kerja yang sebenarnya. Sebab, untuk dapat
terjun langsung di masyarakat tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal yang
tinggi dengan perolehan nilai yang memuaskan, namun diperlukan juga ketrampilan
(skill) dan pengalaman pendukung
untuk lebih mengenali bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
Oleh
karena itu, mahasiswa perlu melakukan penelitian yang rinci serta terjun
langsung untuk memahami setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja. Sumber
daya manusia merupakan unsur penting dalam perusahaan karena unsur ini merupakan
bagian yang menggerakkan sistem dalam perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan
perusahaan.
Seiring dengan perkembangan waktu, kebutuhan
sumber daya manusia yang berkualitas semakin meningkat sesuai dengan
perkembangan sistem dan divisi-divisi yang terdapat dalam perusahaan. Motivasi
dan kemampuan yang tinggi akan mempengaruhi kinerja karyawan. Apabila
kinerjanya baik maka dapat meningkatkan karir karyawan sesuai dengan posisi
jabatan yang diinginkan. Sehingga kepuasan kerja karyawan dan tujuan perusahaan
dapat tercapai secara efektif.
--- 1 ---
B.
Tujuan
PRAKERIN
Penyelenggaraan
prakerin bertujuan untuk :
a.
Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa
dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
b.
Memperkokoh
Hubungan keterkaitan dan kesepadanan ( link and match ) antara SMK dan
industri.
c.
Agar mahasiswa memperoleh keterampilan dan
pengalaman kerja praktis sehingga secara langsung dapat menemukan dan
memberikan penyelesaian masalah yang ada dalam prosedur .
d.
Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai
praktek dalam dunia kerja sehingga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa
untuk terjun langsung ke lapangan.
e.
Memberikan
pengakuan dan penghargaai terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
f.
C.
Manfaat PRAKERIN
Penyelenggaraan
prakerin memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain :
a.
Dapat mengetahui lebih jauh realita ilmu yang
telah diterima di perkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan.
b.
Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan dan
kreativitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang
dimilikinya.
c.
Dapat menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan
untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan kerjanya di masa mendatang.
d.
Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman
selaku generasi yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya
di lingkungan kerjanya.
e.
Perusahaan
dapat mengenal kwalitas peserta prakerin yang belajar dan bekerja di industri.
--- 2 ---
BAB II
SEKILAS TENTANG DU/DITEMPAT PRAKERIN
.
.
.
Website ( browsing )
( situs web yang menerbitkan atau yang menulis tentang
sejarah tempat prakerin anda )
.
.
.
--- 3 ---
BAB III
URAIAN KEGIATAN
Kegiatan kegiatan ini yang saya lakukan saat praktek
kerja lapangan di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ) .kegiatan kegitan ini yang diberikan pembimbing atau
crew saat proses prakerin selama 3 bulan, kegiatan kegiatan tersebut
diantaranya :
A. KEGIATAN HARIAN
B.KEGIATAN MINGGUAN.
C. KEGIATAN TAMBAHAN.
.
.
.
( ISI SESUAI KEGIATAN PRAKERIN ANDA
– INDIVIDU )
.
.
.
--- 4 ---
BAB IV
TEMUAN
FAKTOR PENDUKUNG.
1. Berjalan sesuai prosedur keselamatan dan keamanan
dalam bekerja serta mengutamakan penggunaan alat keselamatan kerja sesuai
standar nasional indonesia.
2. Adanya bimbingan cukup baik dari para pembimbing di
lapangan dan kemudahan dalam bekerja dirasa telah cukup dan menemukan ilmu baru
serta pengalaman kerja dalam mengasah kompetensi lain.
FAKTOR PENGHAMBAT.
1. Terkadang menemui kesulitan dalam mengatur presisi
dalam pekerjaan.
2. Medan kerja yang dihadapi tidak memungkinkan untuk
merampungkanpekerjaan sesuai target penyelesaian.
--- 5 ---
DAFTAR PUSTAKA
SITUS
WEB YANG MEMBANTU PENULISAN LAPORAN INI
( salin alamat website yang telah membantu anda dalam
menyelesaikan penulisan laporan praktek kerja lapangan ini )
--- 6 ---
BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pengalaman yang saya dapat selama melaksanakan
PRAKERIN di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ), banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Bahwasannya
dunia usaha itu lebih sulit dari apa yang kita bayangkan, tentunya dengan ini
kita harus meningkatkan kwalitas diri kita dalam bidang atau jurusan kita
masing masing. Agar ketika kita telah selesai sekolah atau lulus nanti kita
tentunya telah benar benr siap terjun dalam dunia kerja atau dunia usaha dengan
bekal lebih dari cukup dan juga untuk meningkatkan kwalitas pendidikan
diindonesia agar lebih berani bersaing dengan industri luar negri.
SARAN
A.DU/DI.
1. DU/DI pada saat melakukan pengumpulan data begitu antusias dan
perhatian pada saat memberikan ilmu kepada peserta yang melakukan PRAKERIN.
2. Lebih detail lagi dalam menjalankan pekerjaannnya.
3. sebaiknya karyawan yang tidak mematuhi K3, diberikan sanksi.
B.SEKOLAH
Sekolah seharusnya memberikan motivasi dalam
melaksanakan prakerin sehingga pada saat melakukan prakerin tidak ada kegagalan
dari siswa.
--- 7 ---
BIODATA SISWA PRAKERIN
Nama :
No.Induk :
Tempat, tanggal lahir :
Alamat :
Jenis kelamin :
Agama :
Nama orang tua :
Ayah :
Ibu :
Alamat orang tua :
Pekerjaan orang tua :
Pesan dan kesan :
Kritik dan saran :
SIDOARJO, 1 DESEMBER 2018
PESERTA PRAKERIN
( NAMA
ANDA )
--- 8 ---
FOTO
KEGIATAN PRAKERIN
.
.
.
( ISI DENGAN FOTO KEGIATAN PRAKERIN ANDA )
.
.
.
--- 9 ---
========================================================================
semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda membuat makalah praktek kerja lapangan ( PKL ), Terimakasih
Saya Wahyu Ariansyah
By...
========================================================================
Jika Artikel ini membantu anda silakan subscribe website ini, dan silakan tulis comment dibawah jika mempunyai pertanyaan atau silakan hubungi saya :
0 comments:
Post a Comment