CONTOH MAKALAH PKL


LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN ( PKL)
( ISI NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA )
( isi tanggal mulai sampai tanggal selesai anda prakerin  )


DISUSUN OLEH
NAMA : NAMA LENGKAP ANDA SENDIRI
KELAS : KELAS ANDA SENDIRI


( NAMA SEKOLAH )
( ALAMAT ATAU NAMA JALAN SEKOLAH ANDA )
( TAHUN AJARAN )
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan praktek kerja lapangan ( PKL) di “ ( TEMPAT PRAKERIN ANDA ) “ yang disusun oleh 
 ( NAMA LENGKAP ANDA )  telah disetujui dan disahkan pada tanggal
( TANGGAL MULAI DAN AKHIR ANDA PRAKERIN )
Oleh :

Direktur/pimpinan DU/DI                                                      Pembmbing Lapangan



NAMA PIMPINAN DU/DI                                     NAMA PEMBIMBING PRAKERIN

       Ketua Pokja PSG                                                         Pembimbing Sekolah


( NAMA KETUA POKJA )                                ( PEMBIMBING DARI SEKOLAH )

Mengetahui,
Kepala Sekolah ( NAMA SEKOLAH ANDA )



( NAMA KEPALA SEKOLAH ANDA )

--- i ---
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya, sehingga saya bisa menyelesaikan dan bisa menulis laporan praktek kerja lapangan          ( PKL ) di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ), ( TANGGAL MULAI DAN AKHIR ANDA PRAKERIN )  ini.
Saya menyadari bahwa penulisan laporan praktek kerja lapangan ( PKL ) di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ) ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang terhormat :
1.      Bapak ( KEPALA SEKOLAH ANDA ) Selaku kepala sekolah ( NAMA SEKOLAH ).
2.      Wakil kepala Sekolah ( NAMA SEKOLAH ).
3.      ( NAMA KETUA PROGRAM JURUSAN ) Selaku ketua program keahlian multimedia ( NAMA SEKOLAH ).
4.      ( NAMA PIMPINAN TEMPAT PRAKERIN ) Selaku pimpinan ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA )
5.      ( NAMA KETUA POKJA ) Selaku Guru pembimbing selama pelaksanaan prektek kerja lapangan.
6.      ( NAMA PEMBIMBING PRAKERIN ANDA ) Selaku pembimbing Praktek kerja lapangan ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA )
7.      Seluruh staff dan Crew/ karyawan ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ) Dewan guru atas bimbingannya selama saya belajar di ( NAMA SEKOLAH )
8.      Seluruh teman teman yang membantu hingga terselesainya laporan praktek kerja lapangan ini.
Semoga segala bantuan yang telah diberikan kepada saya mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini baik dalam teknik penyajian materi maupun pembahasan. Demi kesempurnaan laporan praktek kerja lapangan ini, saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat saya harapkan. Semoga karya tulis ini bermanfaat dan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pihak yang membutuhkan.


--- ii ---
DAFTAR ISI
.
.
.

( sesuai isi laporan praktek kerja lapangan )
.
.
.
















--- iii ---
BAB 1
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang.
 Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk ketrampilan dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja. Pendidikan yang dilakukan di perguruan tinggi masih terbatas pada pemberian teori dan praktek dalam skala kecil dengan intensitas yang terbatas.
agar dapat memahami dan memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja, maka mahasiswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung di instansi/lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti, sehingga setelah lepas dari ikatan akademik di perguruan tinggi yang bersangkutan.
 mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan masa pelatihan kerja untuk melanjutkan kiprahnya di dunia kerja yang sebenarnya. Sebab, untuk dapat terjun langsung di masyarakat tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal yang tinggi dengan perolehan nilai yang memuaskan, namun diperlukan juga ketrampilan (skill) dan pengalaman pendukung untuk lebih mengenali bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
Oleh karena itu, mahasiswa perlu melakukan penelitian yang rinci serta terjun langsung untuk memahami setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja. Sumber daya manusia merupakan unsur penting dalam perusahaan karena unsur ini merupakan bagian yang menggerakkan sistem dalam perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
 Seiring dengan perkembangan waktu, kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas semakin meningkat sesuai dengan perkembangan sistem dan divisi-divisi yang terdapat dalam perusahaan. Motivasi dan kemampuan yang tinggi akan mempengaruhi kinerja karyawan. Apabila kinerjanya baik maka dapat meningkatkan karir karyawan sesuai dengan posisi jabatan yang diinginkan. Sehingga kepuasan kerja karyawan dan tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif.



--- 1 ---
B.           Tujuan PRAKERIN  
Penyelenggaraan prakerin bertujuan untuk :
a.             Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
b.            Memperkokoh Hubungan keterkaitan dan kesepadanan ( link and match ) antara SMK dan industri.
c.             Agar mahasiswa memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja praktis sehingga secara langsung dapat menemukan dan memberikan penyelesaian masalah yang ada dalam prosedur .
d.            Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai praktek dalam dunia kerja sehingga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan.
e.             Memberikan pengakuan dan penghargaai terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
f.              
C.          Manfaat PRAKERIN  
Penyelenggaraan prakerin memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain :
a.             Dapat mengetahui lebih jauh realita ilmu yang telah diterima di perkuliahan dengan kenyataan yang ada di lapangan.
b.            Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan dan kreativitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya.
c.             Dapat menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan kerjanya di masa mendatang.
d.            Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerjanya.
e.             Perusahaan dapat mengenal kwalitas peserta prakerin yang belajar dan bekerja di industri.

--- 2 ---
BAB II
SEKILAS TENTANG DU/DITEMPAT PRAKERIN
.
.
.
Website ( browsing )
( situs web yang menerbitkan atau yang menulis tentang sejarah tempat prakerin anda )
.
.
.














--- 3 ---
BAB III
URAIAN KEGIATAN
Kegiatan kegiatan ini yang saya lakukan saat praktek kerja lapangan di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ) .kegiatan kegitan ini yang diberikan pembimbing atau crew saat proses prakerin selama 3 bulan, kegiatan kegiatan tersebut diantaranya :
A. KEGIATAN HARIAN
B.KEGIATAN MINGGUAN.
C. KEGIATAN TAMBAHAN.
.
.
.
( ISI SESUAI KEGIATAN PRAKERIN ANDA – INDIVIDU )
.
.
.










--- 4 ---
BAB IV
TEMUAN
FAKTOR PENDUKUNG.
1. Berjalan sesuai prosedur keselamatan dan keamanan dalam bekerja serta mengutamakan penggunaan alat keselamatan kerja sesuai standar nasional indonesia.
2. Adanya bimbingan cukup baik dari para pembimbing di lapangan dan kemudahan dalam bekerja dirasa telah cukup dan menemukan ilmu baru serta pengalaman kerja dalam mengasah kompetensi lain.

FAKTOR PENGHAMBAT.
1. Terkadang menemui kesulitan dalam mengatur presisi dalam pekerjaan.
2. Medan kerja yang dihadapi tidak memungkinkan untuk merampungkanpekerjaan sesuai target penyelesaian.













--- 5 ---
DAFTAR PUSTAKA

SITUS WEB YANG MEMBANTU PENULISAN LAPORAN INI
( salin alamat website yang telah membantu anda dalam menyelesaikan penulisan laporan praktek kerja lapangan ini )




















--- 6 ---
BAB V
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pengalaman yang saya dapat selama melaksanakan PRAKERIN di ( NAMA TEMPAT PRAKERIN ANDA ), banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Bahwasannya dunia usaha itu lebih sulit dari apa yang kita bayangkan, tentunya dengan ini kita harus meningkatkan kwalitas diri kita dalam bidang atau jurusan kita masing masing. Agar ketika kita telah selesai sekolah atau lulus nanti kita tentunya telah benar benr siap terjun dalam dunia kerja atau dunia usaha dengan bekal lebih dari cukup dan juga untuk meningkatkan kwalitas pendidikan diindonesia agar lebih berani bersaing dengan industri luar negri.

SARAN
A.DU/DI.
1. DU/DI pada saat melakukan pengumpulan data begitu antusias dan perhatian pada saat memberikan ilmu kepada peserta yang melakukan PRAKERIN.
2. Lebih detail lagi dalam menjalankan pekerjaannnya.
3. sebaiknya karyawan yang tidak mematuhi K3, diberikan sanksi.

B.SEKOLAH
Sekolah seharusnya memberikan motivasi dalam melaksanakan prakerin sehingga pada saat melakukan prakerin tidak ada kegagalan dari siswa.






--- 7 ---
BIODATA SISWA PRAKERIN

Nama                           :
No.Induk                    :
Tempat, tanggal lahir :
Alamat                        :
Jenis kelamin               :
Agama                         :
Nama orang tua           :
Ayah               :
Ibu                   :
Alamat orang tua        :
Pekerjaan orang tua     :
Pesan dan kesan          :
Kritik dan saran          :






 

SIDOARJO, 1 DESEMBER 2018
PESERTA PRAKERIN





                                                                                 ( NAMA ANDA )

--- 8 ---
FOTO KEGIATAN PRAKERIN
.
.
.
( ISI DENGAN FOTO KEGIATAN PRAKERIN ANDA )
.
.
.

--- 9 ---




========================================================================

semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda membuat makalah praktek kerja lapangan ( PKL ), Terimakasih 

Saya Wahyu Ariansyah 
By...


========================================================================
              Jika Artikel ini membantu anda silakan subscribe website ini, dan silakan tulis comment dibawah jika mempunyai pertanyaan atau silakan hubungi saya :

INSTAGRAM  : Wahyu_ari_a

FACEBOOK    : Wahyu Ariansyah

GOOGLE +     : Wahyu Ariansyah

YOUTUBE      : Wahyu Ariansyah

0 comments:

Post a Comment